Hari Laut Sedunia : Ironi dan Refleksi

Hari laut sedunia (World Oceans Day), yang diperingati setiap tanggal 8 Juni, merupakan hari peringatan yang dilakukan untuk menghargai hasil laut yang bisa kita nikmati hingga saat ini, baik berupa makanan maupun kehidupan dan keindahan yang tersedia di dalam laut itu sendiri. Konsep awalnya diajukan oleh Canada’s International Centre for Ocean Development and the Ocean Institute di dalam konfrensi Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil, pada tahun 1992. Hal ini kemudian disahkan oleh PBB pada tahun 2008.  
Luiz diving in Red Sea

Keanekaragaman laut, kredit foto : www.calacademy.org

Lautan memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian global setiap tahun. Menurut Yayasan Institut Sumber Daya Dunia (World Research Institute Indonesia), lautan berkotribusi sebesar 2,5 triliun USD terhadap perekonomian global setiap tahunnya. Selain perekonomian global, laut juga berkontribusi sebagai sumber pangan bagi 3 miliar penduduk, rumah bagi lebih dari separuh spesies di bumi, penghasil separuh oksigen dan menyerap seperempat emisi karbon dioksida yang ada di bumi. Seiring berjalannya waktu, laut dengan segala manfaat dan keindahannya terancam oleh polusi global. Mulai dari penggunaan alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan, pencurian ikan (illegal fishing), hingga tumpukan sampah plastik yang dibuang ke laut.  

kredit foto: www.adventuretravelnews.com

  Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki luas lautan mencapai 3,25 juta km2, dimana luas daratan di Indonesia mencapai 2,01 juta km2. Ukuran laut yang lebih luas dibandingkan dengan daratan menyebabkan Indonesia mendapat julukan sebagai Negara Maritim. Namun demikian, laut adalah harta yang berada dalam bahaya dan perlu dilindungi. Indonesia sendiri merupakan penyumbang sampah plastik di laut terbesar kedua di dunia setelah Cina. Pada tahun 2010, sebesar 1,29 juta ton dari total 3,2 juta ton sampah plastik di Indonesia berakhir di laut.    

kredit gambar: www.ctenvironment.org

  Dengan adanya peringatan Hari Laut Sedunia ini, diharapkan adanya kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga dan melindungi lingkungan disekitarnya, terutama lingkungan laut, serta menggunakan hasil laut dengan bijak dan sesuai porsinya. Berbagai aksi dapat dilakukan untuk memperingati Hari Laut Sedunia, diantaranya rutin membersihkan pantai, tidak membuang sampah sembarangan, mengingatkan sesama agar terus menjaga lingkungan laut yang ada disekitarnya.(adel)  

Trackback from your site.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.