Mengenal Sejarah dan Tradisi Dragon Boat Festival di Taiwan

Setiap tanggal 5 bulan kelima penanggalan China diperingati sebagai Dragon Boat Festival atau Festival Perahu Naga. Pada tahun ini, Dragon Boat Festival  jatuh pada  7 Juni 2019. Perayaan ini berlangsung di beberapa negara, termasuk Taiwan. Bahkan, beberapa tempat di Taiwan mengadakan perlombaan perahu naga dalam skala internasional.

Cr: taiwannews.com.tw

Sejarah                                                                         

Dragon Boat Festival  merupakan perayaan untuk mengenang seorang penyair dan pejabat pemerintahan, Qu Yuan dari Negera Chu  pada Periode Negara Perang (475 SM – 221 SM).  Ia hidup pada zaman Kaisar Huai (328 SM-299 SM).  Dituduh berkhianat oleh pejabat yang iri atas karir politiknya, Kaisar pun mengasingkannya. Setelah Negara Chu dikalahkan oleh Negara Qin, Qu Yuan menenggelamkan dirinya di Sungai Miluo. Masyarakat yang mendengar kejadian tersebut, mencoba menyelamatkannya dengan menaiki perahu namun tidak menemukannya. Mereka melemparkan zongzi atau dumpling nasi ke sungai agar makhluk di dalam air memakannya dan tidak memakan jenazah Qu Yuan. 

Tradisi

Zongzi

 

Cr: song zhen@Flickr

    Makanan tradisional yang tidak boleh dilewatkan selama Dragon Boat Festival  adalah zongzi.  Jajanan ini merupakan ketan dengan berbagai isi yang dibungkus oleh daun bambu dalam bentuk segitiga.  Isiannya dapat berupa kacang, telur, daging, atau campuran. Selama perayaan, beberapa tempat menjual makanan ini.  

Menegakkan Telur

 

Cr: cultureofchinese.com

    Cobalah untuk meneggakan sebuah telur ayam pada jam 12 tepat di siang hari. Penduduk lokal mempercayai jika dapat melakukannya, maka akan mendapat keberuntungan sepanjang  tahun. Secara sains, menegakkan telur bisa kapanpun sepanjang tahun. Selain itu, tidak ada kaitannya dengan gravitasi matahari maupun bulan.  

Xiang Bao

Cr: visiontimes.com

Xiang Bao merupakan parfum bungkus yang dapat digantung di baju. Kerajinan tradisional ini dipercaya sebagai jimat keberuntungan dan mampu mengusir roh-roh jahat beserta serangga. Biasanya xiang bao terbuat dari kain,  pita, atau kertas yang berisikan ramuan wewangian bubuk herbal.  

Menggantung Tanaman Calamus dan Moxa

Cr: thatsmags.com

Selain xiang bao, yang dipercaya mengusir roh-roh jahat, penduduk setempat  menggantung tanaman Calamus dan Moxa di depan rumah mereka selama perayaan.    

Perlombaan Perahu Naga

Kegiatan yang dinantikan selama festival setiap tahun, tentu saja Dragon Boat Race atau perlombaan perahu naga. Selama perlombaan kita bisa menyaksikan berbagai macam perahu yang dibuat oleh para pengrajin perahu dalam berbagai warna dan corak. Kita bisa melihat setiap perahu identik dengan kepala naga pada bagian depan dan ekor pada bagian belakang. Selain para pendayung, terdapat penabuh drum dan seorang anggota yang bertugas mengambil bendera.  

Cr: commons.wikimedia.org

Bagi kalian mahasiswa NCU yang ingin menyaksikan Dragon Boat Race ini bisa mengunjungi beberapa tempat,  seperti Dajia Riverside Park, yang berskala internasional, di New Taipei atau yang terdekat di Longtan Lake, Taoyuan. Kalian jangan khawatir ketinggalan karena beberapa tempat, seperti kedua tempat tersebut,  mengadakan perlombaan selama tiga hari, 7-9 Juni 2019.(afidah)  

Trackback from your site.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.